Senin, 07 Februari 2011

Materi Kelas 9 : E-COMMERCE

Electornic Commerce(E-Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan. Ada banyak bentuk perdagangan secara elektonik yang dilakukan saat ini, antara lain internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, dan sebagainya.

Perdagangan secara elektonik memberikan keuntungan, baik kepada perusahaan, maupun kepada konsumen. Keuntungan yang diperoleh perusahaan anatara lain sebagai berikut.
1. Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang.
2. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
3. Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi, karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.
4. Karena biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat dikurangi, maka harga barang dapat dijual dengan lebih rendah.
5. Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Sedangkan keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain sebagai berikut.
1. Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup memesan barang melalui internet, barang akan diantar ke rumah.
2. Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
3. Konsumen mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
4. konsumen dapat membeli barang yang terdapat di negara lain, yang di dalam negeri mungkin saja belum tersedia.
5. Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar